PT Rifan – Timbulkan Risiko Geopolitik, Pertempuran Hamas-Israel Bisa Dongkrak Harga Emas

PT RIFAN BANDUNG – Konflik yang sedang berlangsung di Israel memang memiliki dampak geopolitik yang signifikan terhadap pasar keuangan global. Beberapa poin penting yang dapat ditarik dari situasi ini adalah:

  1. Aset Safe Haven: Investor sering mencari perlindungan dalam aset safe haven seperti emas dan dolar ketika terjadi gejolak geopolitik. Ini disebabkan oleh ketidakpastian yang meningkat, yang membuat investor mencari aset yang dianggap lebih aman. Emas adalah salah satu aset safe haven tradisional karena nilainya yang stabil dalam situasi ketidakpastian.
  2. Dampak Terhadap Dolar: Dolar Amerika Serikat cenderung menguat dalam situasi ketidakpastian global. Ini terjadi karena banyak investor beralih ke mata uang yang dianggap lebih aman seperti dolar AS. Sebagaimana disebutkan oleh Peter Cardillo, kekuatan dolar dalam situasi gejolak internasional adalah fenomena yang umum.
  3. Permintaan Surat Utang AS: Dalam situasi ketidakpastian, surat utang Amerika Serikat juga bisa menjadi tempat perlindungan bagi investor. Ini karena AS dianggap sebagai negara dengan ekonomi yang kuat dan surat utangnya dianggap aman. Meningkatnya permintaan surat utang AS dapat mengarah pada penurunan imbal hasil obligasi, yang telah terjadi dalam beberapa pekan terakhir.
  4. Dampak Terhadap Saham: Pasar saham dapat mengalami volatilitas selama periode ketidakpastian seperti ini. Investor mungkin cenderung menjual saham dan mencari aset yang lebih aman. Namun, dampaknya tergantung pada seberapa lama konflik berlangsung dan sejauh mana konflik tersebut melibatkan aktor-aktor lain di kawasan tersebut.
  5. Harga Minyak: Harga minyak juga bisa menjadi sangat sensitif terhadap peristiwa geopolitik, terutama jika konflik tersebut melibatkan produsen minyak besar. Sebagian analis memperkirakan harga minyak dapat melonjak sebagai respons terhadap ketidakpastian di Israel, meskipun ada variabel lain seperti produksi minyak Iran yang juga memengaruhi pasar minyak.

Dalam situasi seperti ini, penting bagi investor untuk memantau berita dan analisis pasar secara cermat, serta memiliki portofolio yang beragam untuk mengelola risiko. Gejolak geopolitik bisa memengaruhi pasar secara sementara atau jangka panjang, tergantung pada perkembangan situasi yang terus berlangsung – PT RIFAN

Sumber : investing

Perhatian!!!
Managemen PT. Rifan Financindo Berjangka (PT RFB) menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap beberapa bentuk penipuan yang berkedok investasi mengatasnamakan PT RFB dengan menggunakan media elektronik ataupun sosial media. Untuk itu harus dipastikan bahwa transfer dana ke rekening tujuan (Segregated Account) guna melaksanakan transaksi Perdagangan Berjangka adalah atas nama PT Rifan Financindo Berjangka, bukan atas nama individu.