PT Rifan – Harga Emas Turun Dari Rekor Tertinggi, Sinyal Teknikal Menunjukkan Overbought

PT RIFAN BANDUNG – Harga emas turun di perdagangan Asia pada hari Jumat, mundur dari rekor tertinggi baru-baru ini untuk mengantisipasi data tenaga kerja utama AS yang kemungkinan akan mempengaruhi prospek suku bunga.

Indikator teknikal utama untuk harga emas spot juga menunjukkan bahwa momentum pembelian mulai menipis setelah kenaikan yang kuat selama bulan Maret dan awal April.

Namun, logam mulia ini dapat diuntungkan dari peningkatan permintaan safe haven, terutama dengan prospek memburuknya kondisi geopolitik di Timur Tengah di tengah ketegangan antara Iran dan Israel.

Spot gold turun 0,6% menjadi $ 2.277,10 per ons setelah mencapai rekor tertinggi $ 2.305,31 pada hari Kamis, sementara gold futures yang akan jatuh tempo pada bulan Juni turun 0,6% menjadi $ 2.295,50 per ons pada pukul 00.03 ET (04.03 WIB), setelah mencapai rekor tertinggi $ 2.325,30 per ons pada hari Kamis.

Pemulihan di dollar juga menekan emas, karena greenback naik mengikuti sejumlah komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve.

RSI menunjukkan emas overbought, karena aksi ambil untung

Indeks kekuatan relatif emas selama 14 minggu – yang mengukur momentum pembelian dan penjualan untuk logam kuning – menunjukkan harga spot berada di wilayah overbought. RSI naik setinggi 82 pada awal pekan ini, dan saat ini berada di sekitar 74,9 – mengindikasikan bahwa logam mulia tetap overbought meskipun harga turun pada hari Jumat.

Angka RSI di atas 70 mengindikasikan aset telah jenuh beli.

Logam mulia telah mengabaikan penguatan dolar baru-baru ini dan peringatan hawkish pada suku bunga AS, karena diuntungkan oleh peningkatan permintaan safe haven karena ketegangan di Timur Tengah.

Namun, para pedagang saat ini tampaknya mengunci beberapa keuntungan menjelang data utama penggajian non-pertanian yang akan dirilis pada hari Jumat. Data inflasi indeks harga konsumen AS juga akan dirilis minggu depan.

Logam mulia lainnya juga melemah, dengan platinum futures turun 1,1% menjadi $935,60 per ons, sementara silver futures turun 2,2% menjadi $26,648 per ons.

Harga tembaga mendingin setelah naik ke puncak 15 bulan; lebih banyak isyarat dari China ditunggu

Di antara logam-logam industri, harga tembaga mengalami aksi ambil untung pada hari Jumat setelah melonjak ke level tertinggi 15 bulan di awal pekan ini. Logam merah ini terdorong oleh pembacaan ekonomi yang positif dari importir utama China, serta prospek pasokan yang lebih ketat dalam beberapa bulan mendatang.

Three-month copper futures di London Metal Exchange turun 1,3% menjadi $9.261 per ton, sementara one-month U.S. copper futures turun 0,8% menjadi $4,1892 per pon.

Kedua kontrak tetap dekat dengan puncak 15 bulan yang dicapai pada hari Kamis.

Pasar sekarang menunggu inflasi dan data perdagangan dari China, yang akan dirilis minggu depan, untuk mengetahui lebih banyak isyarat ekonomi dari importir tembaga terbesar di dunia tersebut – PT RIFAN

Sumber : investing

Perhatian!!!
Managemen PT. Rifan Financindo Berjangka (PT RFB) menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap beberapa bentuk penipuan yang berkedok investasi mengatasnamakan PT RFB dengan menggunakan media elektronik ataupun sosial media. Untuk itu harus dipastikan bahwa transfer dana ke rekening tujuan (Segregated Account) guna melaksanakan transaksi Perdagangan Berjangka adalah atas nama PT Rifan Financindo Berjangka, bukan atas nama individu.