PT Rifan Financindo – Goldman Sachs Upgrade Proyeksi Emas untuk Akhir Tahun 2024

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Goldman Sachs telah menaikkan target harga akhir tahun untuk emas, dengan mengatakan bahwa logam mulia ini saat ini berada dalam “pasar bullish yang tak tergoyahkan.”

Spot gold mencapai rekor tertinggi $ 2.372,62 per ons selama akhir pekan, sementara gold futures bulan Juni naik ke rekor tertinggi $ 2.389,0 per ons.

Titik dukungan terbesar untuk harga emas akhir-akhir ini adalah serangan pesawat tak berawak dan rudal oleh Iran terhadap Israel pada akhir pekan, yang diduga sebagai pembalasan atas serangan terhadap kedutaan besar Iran di Suriah.

Langkah ini menandai potensi masuknya Iran ke dalam perang Israel-Hamas yang telah berlangsung lama, dan menghadirkan kemungkinan konflik yang lebih besar di Timur Tengah, yang juga dapat menarik Amerika Serikat.

Namun, emas telah membukukan kenaikan yang kuat tahun ini, bahkan dengan inflasi yang tetap tinggi yang mengisyaratkan bahwa suku bunga the Fed akan tetap tinggi lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

“Memang, meskipun pasar menilai penurunan suku bunga The Fed yang semakin berkurang, tren pertumbuhan yang lebih kuat dan rekor pasar ekuitas, emas telah menguat 20% selama dua bulan terakhir,” kata analis di bank investasi tersebut, dalam sebuah catatan tertanggal 12 April.

“Nilai wajar tradisional emas akan menghubungkan katalis yang biasa – suku bunga riil, ekspektasi pertumbuhan, dan dolar – dengan arus dan harga. Tak satu pun dari faktor-faktor tradisional tersebut yang cukup menjelaskan kecepatan dan skala pergerakan harga emas sejauh ini di tahun ini.”

Goldman mengatakan sebagian besar kenaikan emas sejak pertengahan 2022 telah didorong oleh faktor-faktor tambahan (fisik) baru, tidak terkecuali akselerasi yang signifikan dalam akumulasi Bank Sentral negara berkembang serta pembelian ritel Asia.

PT Rifan FinancindoFaktor-faktor tersebut tetap ditegaskan dengan baik oleh kebijakan makro dan geopolitik saat ini. Selain itu, dengan pemangkasan Fed yang masih menjadi katalis yang mungkin untuk melunakkan angin sakal ETF di akhir tahun, dan risiko ekor kanan dari siklus pemilu AS dan pengaturan fiskal, kecenderungan bullish emas tetap jelas,” kata Goldman.

Bank telah meningkatkan perkiraan harga kami menjadi $2.700 per troy ons pada akhir tahun, naik dari $2.300 per troy ons sebelumnya – PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : investing

Perhatian!!!
Managemen PT. Rifan Financindo Berjangka (PT RFB) menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap beberapa bentuk penipuan yang berkedok investasi mengatasnamakan PT RFB dengan menggunakan media elektronik ataupun sosial media. Untuk itu harus dipastikan bahwa transfer dana ke rekening tujuan (Segregated Account) guna melaksanakan transaksi Perdagangan Berjangka adalah atas nama PT Rifan Financindo Berjangka, bukan atas nama individu.