Rifan Financindo – Emas Capai Level Tertinggi 2 Minggu, Mendekati Range $1.900 Saat Dolar Turun

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Perkembangan harga emas dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, terutama dalam konteks konflik di Timur Tengah, penurunan indeks dolar AS, dan turunnya yield obligasi global. Berikut adalah beberapa poin utama yang dapat diambil dari artikel tersebut:

  1. Kenaikan Harga Emas: Harga emas telah mengalami peningkatan signifikan, dengan harga emas berjangka mencapai $1.888,20/oz pada sesi Rabu dan harga emas spot mencapai $1.875,33/oz. Emas berjangka kurang dari $10 untuk mencapai level psikologis bullish sebesar $1.900.
  2. Peran Emas sebagai Safe Haven: Emas sering dianggap sebagai aset safe haven, terutama dalam situasi ketidakpastian seperti konflik di Timur Tengah. Dalam kasus ini, emas nampaknya menjadi pilihan bagi investor yang mencari perlindungan dari risiko dan ketidakpastian pasar.
  3. Pengaruh Dolar AS: Penurunan indeks dolar AS telah mendukung kenaikan harga emas. Dalam situasi di mana dolar AS melemah, emas cenderung lebih menarik sebagai investasi, karena harganya biasanya bergerak berlawanan dengan nilai dolar.
  4. Yield Obligasi Global: Turunnya yields obligasi global juga telah mendukung kenaikan harga emas. Yields obligasi yang rendah membuat emas lebih menarik, karena alternatif investasi seperti obligasi menjadi kurang menguntungkan.
  5. Ketidakpastian Pasar: Ketidakpastian pasar yang muncul akibat konflik di Timur Tengah dan upaya Federal Reserve (the Fed) untuk meredakan ekonomi juga mendorong aliran masuk ke dalam emas. Emas sering menjadi tempat berlindung di tengah ketidakpastian ekonomi dan politik.
  6. Pemulihan Harga Emas: Emas telah mengalami pemulihan sekitar 40% dari kerugian selama sebulan terakhir, dan analis berpendapat bahwa momentum bullish kemungkinan akan bertahan selama harga mendekati level $1.896. Kemungkinan adanya suku bunga yang lebih rendah pada tahun 2024 juga dapat mendorong harga emas naik di atas level $1.920.

Seluruh faktor-faktor ini menggambarkan bagaimana harga emas dipengaruhi oleh berbagai elemen, termasuk dinamika pasar, gejolak geopolitik, nilai mata uang, dan suku bunga. Sebagai aset safe haven, emas sering dicari ketika investor mencari perlindungan dari risiko dan ketidakpastian – RIFAN FINANCINDO

Sumber : investing

Perhatian!!!
Managemen PT. Rifan Financindo Berjangka (PT RFB) menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap beberapa bentuk penipuan yang berkedok investasi mengatasnamakan PT RFB dengan menggunakan media elektronik ataupun sosial media. Untuk itu harus dipastikan bahwa transfer dana ke rekening tujuan (Segregated Account) guna melaksanakan transaksi Perdagangan Berjangka adalah atas nama PT Rifan Financindo Berjangka, bukan atas nama individu.